Rabu, 19 Juni 2013

Konsep pengendalian kualitas

Konsep pengendalian kualitas 
Konsep pengendalian kualitas telah banyak digunakan pada perusahaan untuk pemenuhan kepuasan pelanggan atas produk yang dihasilkan. Kehilangan pelanggan akibat kualitas tidak sesuai standar merupakan hal penting yang harus dihindari oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan membangun sistem informasi ekstensibilitas e-Commerce dalam tampilan diagram peta kendali. Pada penelitian ini digunakan metode  Statistic Process Control (SPC). 

Pada tahapan awal, e-Commercediasumsikan telah memenuhi variabel kualitas dengan metode EWAM. Peluang transaksi perkunjungan pada periode tertentu dijadikan parameter kualitas, dan dinamakan ekstensibilitas. Data kunjungan dikumpulkan oleh aplikasi web traffic dan data transaksi dari e-Commerce itu sendiri. Pendekatan waterfall modeldigunakan pada proses pengembangan prototipe. Hasil penelitian berupa sistem informasi ekstensibilitas e-Commerce.   

Otomatisasi pengumpulan data secara real time terjadi pada sistem informasi, sehingga laporan ekstensibilitas e-Commerce dapat terus dipantau. Analisa hasil yang ditampilkan oleh peta kendali mengisyaratkan bahwa upaya terus menerus dalam pengendalian ekstensibilitas dapat memberikan keuntungan dalam usaha mempertahankan pelanggan sekaligus manajemen dapat menggunakan angka dari variabel ekstensibilitas dalam peningkatan profitabilitas perusahaan atau pertimbangan penggunaan e-Commerce

Penyempurnaan ekstensibilitas e-Commerce secara bertahap dapat ditingkatkan melalui reduksi variasi ekstensibilitas, sedang peningkatan ekstensibilitas bergantung perbaikan pada sistem e-Commerce yang terkait dengan variabel EWAM.

Kata kunci      :           Sistem informasi; EWAM; Ekstensibilitas e-Commerce; Web traffic; SPC; Index sigma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar